Sabtu, 04 Oktober 2008

Siapakah Syeikh Abdul Qodir Jaelani…

www.cirebonkotaku.blogspot.com
Ditulis oleh mystys di/pada Agustus 8, 2008
Penulis : Ventus

Sering kita mendengar tentang nama seorang sufi besar dan ulama besar bernama Syekh Abdul Qodir Jaelani, atau ada yang menyebut Jiilani. Siapakah sebenarnya beliau? Apa yang menjadi pandangan beliau yang jelas tentu tetap berpegang pada junjungan kita Nabi Besar Sayyidina Muhammad SAW…berikut informasi dikumpulkan dari berbagai macam sumber…

Syeikh Abdul Qodir Jaelani (bernama lengkap Muhy al-Din Abu Muhammad Abdul Qodir ibn Abi Shalih Zango Dost al-Jaelani) lahir di Jailan atau Kailan tahun 470 H/1077 M, sehingga diakhir nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliydan.(Biaografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali). Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561 H/1166 M.

Dalam usia 8 tahun ia sudah meninggalkan Jilan menuju Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak diterima belajar di Madrasah Nizhamiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin Ahmad al-Ghazali, yang menggantikan saudaranya Abu Hamid al-Ghazali.

Masa Muda

Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak sudah orang yang bertaubat setelah mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau, sehingga sekolah itu tidak muat menampungnya.

Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab fiqh terkenal Al Mughni.

Perkataan ulama tentang beliau : Syeikh Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ” kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.”

Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau meninggal dunia. (Siyar A’lamin NubalaXX/442). Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya dapat diketahui dari perkataan Imam Ibnu Rajab, ”

Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H, meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah seorang itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang dengannya, sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya. Kecuali kisah-kisah yang telah masyhur dan terkenal dari selain kitab ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh ( dari agama dan akal ), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah mati, dan sebagainya.) semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitab Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini.”(Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah memiliki pemahaman yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah.”

Syeikh Abdul Qadir Al Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia (Allah ) di arah atas, berada diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata ” Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ ( Allah berada diatas ‘arsyNya ) tanpa takwil ( menyimpangkan kepada makna lain ). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat Allah diatas arsy.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ” Wahai tuanku, apakah Allah memiliki wali (kekasih ) yang tidak berada di atas aqidah ( Imam ) Ahmad bin Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak akan ada.”( At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).

Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf.

Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam Adz Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut,”Lebih dari lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”

Imam Adz Dzahabi menukilkan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan beliau mengetahui hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, ”Intinya Syeikh Abdul Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi juga berkata, ” Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi“.

Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil,hal.136, ” Aku telah mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ) didalam kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah,Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.)

Inilah tentang beliau secara ringkas. Seorang ‘alim Salafi, Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan membuat kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari semua kebohongan itu. Wallahu a’lam bishshawwab.

Kesimpulannya beliau adalah seorang ‘ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka itu adalah suatu kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam, maka hal ini merupakan kekeliruan yang fatal. Karena Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia diantara para nabi dan rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan disisi Allah oleh manusia manapun. Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( perantara ) dalam do’a mereka, berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah, kecuali dengan perantaranya. I

Jadi sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin, namun tetap dalam batas-batas yang telah ditetapkan syari’ah.

Pada tahun 521 H/1127 M, dia mengajar dan berfatwa dalam semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal masyarakat luas. Selama 25 tahun Abdul Qadir Jaelani menghabiskan waktunya sebagai pengembara sufi di Padang Pasir Iraq dan akhirnya dikenal oleh dunia sebagai tokoh sufi besar dunia Islam. Selain itu dia memimpin madrasah dan ribath di Baghdad yang didirikan sejak 521 H sampai wafatnya di tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan dipimpin anaknya Abdul Wahab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan anaknya Abdul Salam (611 H/1214 M). Juga dipimpin anak kedua Abdul Qadir Jaelani, Abdul Razaq (528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Baghdad pada tahun 656 H/1258 M.

Syeikh Abdul Qadir Jaelani juga dikenal sebagai pendiri sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar didunia bernama Tarekat Qodiriyah.

Awal Kemasyhuran Al-Jaba’I berkata bahwa Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani juga berkata kepadanya, “tidur dan bangunku sudah diatur. Pada suatu saat, dalam dadaku timbul keinginan yang kuat untuk berbicara. Begitu kuatnya sampai aku merasa tercekik jika tidak berbicara. Dan ketika berbicara, aku tidak dapat menghentikannya. Pada saat itu ada dua atau tiga orang yang mendengarkan perkataanku. Kemudian mereka mengabarkan apa yang aku ucapkan kepada orang-orang, dan merekapun berduyun-duyun mendatangiku di masjid Bab Al-Halbah. Karena tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah kota dan dikelilingi dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam hari dan memakai lilin dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian aku dibawa keluar kota dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun orang-orang tetap datang kepadaku, dengan mengendarai kuda, unta bahkan keledai dan menempati tempat disekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70 orang para wali RadhiAllahu anhum.

Kemudian Syaikh Abdul Qadir melanjutkan, “Aku melihat Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata kepadaku, ’anakku, mengapa engkau tidak berbicara ?’. ’Ayahku, bagaimana aku yang non arab ini berbicara di depan orang-orang fasih dari Baghdad?’. Beliau berkata, ’buka mulutmu’, lalu beliau meniup 7 kali ke dalam mulutku kemudian berkata, ”bicaralah dan ajak mereka ke jalan Allah dengan hikmah dan peringatan yang baik”. Setelah itu aku shalat dzuhur dan duduk dan mendapati jumlah yang sangat luar biasa banyaknya sehingga membuatku gemetar. Kemudian aku melihat Ali r.a. datang dan berkata, ’buka mulutmu’. Beliau lalau meniup 6 kali kedalam mulutku dan ketika aku bertanya kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali seperti yang dilakukan Rasululloh SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan itu karena rasa hormat beliau kepada RasuluLloh SAW. Kemudian akku berkata, ’Pikiran, sang penyelam, mencari mutiara ma’rifah dengan menyelami laut hati, mencampakkannya ke pantai dada , dilelang oleh lidah sang calo, kemudian dibeli dengan permata ketaatan dalam rumah yang diizinkan Allah untuk diangkat’”. Beliau kemudian menyitir :

Idan untuk wanita seperti Laila seorang pria dapat membunuh dirinya, dan menjadikan maut dan siksaan sebagai sesuatu yang manis

Dalam beberapa manuskrip saya mendapatkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani berkata, ”Sebuah suara berkata kepadaku saat aku berada di pengasingan diri, ‘kembali ke Baghdad dan ceramahilah orang-orang’. Akupun masuk Baghdad dan menemukan para penduduknya dalam kondisi yang tidak aku sukai dan karena itulah aku tidak jadi mengikuti mereka’. ‘sesungguhnya’ kata suara tersebut ,’mereka akan mendapatkan manfaat dari keberadaan dirimu’.

‘Apa hubungan mereka dengan keselamatan agamaku / keyakinanku’ tanyaku.

‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau akan mendapatkan keselamatan agamamu’ jawab suara itu.

Akupun menbuat 70 perjanjian dengan Allah. Diantaranya adalah tidak ada seorangpun yang menentangku dan tidak ada seorang muridku yang meninggal kecuali dalam keadaan bertaubat. Setelah itu, aku kembali ke Baghdad dan mulai berceramah. Suatu ketika saat aku berceramah , aku melihat sebuah cahaya terang benderang mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada apa?’tanyaku. ‘Rasululloh SAW akan datang menemuimu untuk memberikan selamat’ jawab sebuah suara. Sinar tersebut makin membesar dan aku mulai masuk dalam kondisi spiritual yang membuatku setengah sadar. Lalu aku melihat RasuLulloh SAW di depan mimbar, mengambang di udara dan memanggilku, ’wahai Abdul Qadir’. Begitu gembiranya aku dengan kedatangan RasuluLloh SAW , aku melangkah naik ke udara menghampirinya. Beliau meniup ke dalam mulutku 7 kali. Kemudian Ali datang dan meniup ke dalam mulutku 3 kali. ’mengapa engkau tidak melakukan seperti yang dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku kepadanya. ‘sebagai rasa hormatku kepada Rasulullah SAW‘ jawab beliau.

RasuluLlah SAW kemudian memakaikan jubah kehormatan kepadaku. ‘apa ini ?’ tanyaku. ‘ini’ jawab Rasulullah, ’adalah jubah kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang yang mendapat derajad Qutb dalam jenjang kewalian’. Setelah itu , akupun tercerahkan dan mulai berceramah.

Saat Khidir as. Datang hendak mengujiku dengan ujian yang diberikan kepada para wali sebelumku, Allah membukakan rahasianya dan apa yang akan di katakannya kepadaku. Aku berkata kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila engkau berkata kepadaku ’Engkau tidak akan sabar kepadaku’, maka aku akan berkata kepadamu ‘Engkau tidak akan sabar kepadaku’. Wahai Khidir, Engkau termasuk golongan Israel sedangkan aku termasuk golongan Muhammad, maka inilah aku dan engkau. Aku dan engkau seperti sebuah bola dan lapangan, yang ini Muhammad dan yang ini Ar-Rahman, ini kuda berpelana, busur terentang dan pedang terhunus.” Al-Khattab pelayan Syaikh Abdul QAdir meriwayatkan bahwa suatu hari ketika beliau sedang berceramah tiba-tiba beliau berjalan naik ke udara dan berkata, “Hai orang Israel, dengarkan apa yang dikatakan oleh kaum Muhammad” lalu kembali ke tempatnya. Saat ditanya mengenai hal tersebut beliau menjawab, ”Tadi Abu Abbas Al-Khidir as lewat, maka akupun berbicara kepadanya seperti yang kalian dengar tadi dan ia berhenti”.

Guru dan teladan kita Syaikh Abdul Qadir Al-Jilli berkata,” seorang Syaikh tidak dapat dikatakan mencapai puncak spiritual kecuali apabila karakter berikut ini telah mendarah daging dalam dirinya yaitu :

Dua karakter dari Allah yaitu dia menjadi seorang yang Sattar (menutup aib) dan Ghaffar (Maha pemaaf).

Dua karakter dari RasuluLlah SAW yaitu penyayang dan lembut

Dua karakter dari Abu Bakar yaitu jujur dan dapat dipercaya.

Dua karakter dari Umar yaitu amar ma’ruf nahi munkar

Dua karakter dari Utsman yaitu dermawan dan bangun (tahajjud) pada waktu orang lain sedang tidur.

Dua karakter dari Ali yaitu aalim (cerdas/intelek) dan pemberani.

Masih berkenaan dengan pembicaraan di atas dalam bait syair yang dinisbatkan kepada beliau dikatakan :

Bila lima perkara tidak terdapat dalam diri seorang syaikh maka ia adalah Dajjal yang mengajak kepada kesesatan.

Dia harus sangat mengetahui hukum-hukum syariat dzahir, mencari ilmu hakikah dari sumbernya, hormat dan ramah kepada tamu, lemah lembut kepada si miskin, mengawasi para muridnya sedang ia selalu merasa diawasi oleh Allah

Syaikh Abdul Qadir juga menyatakan bahwa Syaikh Al-Junaid mengajarkan standar Al-Qur’an dan Sunnah kepada kita untuk menilai seorang Syaikh. Apabila ia tidak hapal Al-Qur’an, tidak menulis dan menghapal Hadits, maka dia tidak pantas untuk diikuti.

Menurut saya (penulis buku) yang harus dimiliki seorang Syaikh ketika mendidik seseorang adalah dia menerima si murid untuk Allah, bukan untuk dirinya atau alasan lainnya. selalu menasihati muridnya, mengawasi muridnya dengan pandangan kasih. Lemah lembut kepada muridnya saat sang murid tidak mampu menyelesaikan Riyadhah. Dia juga harus mendidik si murid bagaikan anak sendiri dan orang tua penuh dengan kasih dan kelemah lembutan dalam mendidik anakknya. Oleh karena itu dia selalu memberikan yang paling mudah kepada si murid dan tidak membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu dilakukannya. Dan setelah sang muuriid bersumpah untuk bertobat dan selalu taat kepada Allah baru sang syaikh memberikan yang lebih berat kepadanya. Sesungguhnya bai’at bersumber dari hadits RasuluLlah SAW ketika beliau mengambil bai’at para sahabatnya.

Kemudian dia harus mentalqin si murid dengan zikir lengkap dengan silsilahnya. Sesungguhnya Ali ra. Bertanya kepada RasuluLloh SAW, ‘Yaa Rasulullah, jalan manakah yang terdekat untuk sampai kepada Allah, paling mudah bagi hambanya dan paling afdhal di sisi Nya. RasuluLlah berkata,’Ali, hendaknya jangan putus berzikir (mengingat) kepada Allah dalam khalwat (kontemplasinya)’. Kemudian Ali ra. Kembali berkata , ‘Hanya demikiankah fadhilah zikir, sedangkan semua orang berzikir’. RasuluLlah berkata,’Tidak hanya itu wahai Ali, kiamat tidak akan terjadi di muka bumi ini selama masih ada orang yang mengucapkan “Allah” “Allah”. ‘Bagai mana aku berzikir?’. Tanya Ali. RasuluLlah bersabda, ’dengarkan apa yang aku ucapkan. Aku akan mengucapkannya sebanyak tiga kali dan aku akan mendengarkan engkau mengulanginya sebanyak tiga kali pula’. Lalu RasuluLlah berkata, “Laa ilaaha illallah” sebanyak tiga kali dengan mata terpejam dan suara kjeras. Ucapan tersebut di ulang oleh Ali dengan cara yang sama RasuluLlah lakukan. Inilah asal talqin kalimat Laa ilaaha Illallah. Semoga Allah memberikan taufiknya kepada kita dengan kalimat tersebut”.

Syaikh Abdul Qadir berkata, ”Kalimat tauhid akan sulit hadir pasda seorang individu yang belum di talqin dengan zikir bersilsilah kepada RasulluLlah oleh Mursyidnya saat menghadapi sakaratil maut”.

Karena itulah Syaikh Abdul Qadir selalu mengulang-ulang syair yang berbunyi : Wahai yang enak diulang dan diucapkan (kalimat tauhid) jangan engkau lupakan aku saat perpisahan (maut).
Dikumpulkan dari berbagai macam sumber

KEGAIBAN RITUAL PANJANG JIMAT

www.cirebonkotaku.blogspot.com
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berawal pada zaman Khalifah Sholahuddin Al Ayubi (1137-1193 M). Tujuannya agar umat Islam selalu meneladani Nabi Muhammad SAW….

Pengaruh khalifah itu kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk Cirebon. Pada abad ke 15, Pangeran Cakrabuana (Walangsungsang) mengadopsi perayaan Maulid dengan disesuaikan dengan adat setempat. Peringatan ini dikenal dengan nama Panjang Jimat.

Puncak acara (pelal) Panjang Jimat diselenggarakan di 4 tempat, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Kompleks makam Sunan Gunung Jati. Pada hari Minggu, 10 April malam, atau bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1427 H, upacara Panjang Jimat tahun ini (2006) diselenggarakan.

Rangkaian acara Panjang Jimat tidak hanya dihadiri warga Cirebon, tetapi juga dari daerah lain seperti Jawa Barat (Bandung, Sumedang, dll), Jawa Tengah (Pekalongan, Semarang, dll), Banten dan Jakarta.

Pelal Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan dan Kanoman tergolong paling ramai, mengingat simbol-simbol dan peninggalan Sunan Gunung Jati lebih banyak terdapat di 2 keraton tersebut. Di sana, ribuan orang berdesakan menyaksikan acara ritual sakral ini.

Adapun prosesi ritual Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan yaitu, arak-arakan nasi tujuh rupa atau Nasi Jimat yang melambangkan hari kelahiran manusia. Diarak dari Bangsal Jinem yang merupakan tempat Sultan bertahta, ke masjid atau mushola keraton. Nasi Jimat itu diarak dengan pengawalan barisan abdi dalem yang membawa simbol-simbol sebagai lambang.

Barisan pertama ialah pembawa lilin, bertujuan sebagai penerang. Diikuti iring-iringan pembawa perangkat upacara seperti: manggaran, nadan dan jantungan (lambang kebesaran dan keagungan).

Kemudian iring-iringan pembawa air mawar dan kembang goyang, lambang air ketuban sebelum lahirnya jabang bayi dan usus atau ari-ari yang mengakhiri kelahiran. Disusul iring-iringan pembawa air serbat yang disimpan di 2 guci (lambang darah saat bayi lahir) dan 4 baki (lambang 4 unsur dalam diri manusia: angin, tanah, api dan air).

Setelah pasukan pengawal iring-iringan lengkap berkumpul di Bangsal Purbayaksa, putra mahkota P.R.A. Arief Natadiningrat atas izin Sultan Kasepuhan, memimpin arak-arakan menuju Langgar Agung.

Arak-arakan yang keluar dari Bangsal Purbayaksa disambut di luar keraton oleh pengawal pembawa obor (perlambang Abu Thalib, paman Nabi menyambut kelahiran bayi Muhammad SAW pada malam hari). Setelah itu dibawa ke mushola. Di mushola, Nasi Jimat dibuka bersama dengan sajian makanan lain termasuk makanan yang disimpan di 38 buah piring pusaka peninggalan Sunan Gunung Jati.

Di mushola dilakukan shalawatan serta pembacaan kitab Barjanzi hingga tengah malam (pukul 24.00 WIB) dipimpin imam Masjid Agung Sang Ciptarasa Keraton Kasepuhan.

Sebelum arak-arakan membawa Nasi Jimat tujuh rupa dimulai, Sultan Kasepuhan, Sultan Sepuh XIII, Maulana Pakuningrat memberi wejangan kepada para abdi dalem dan tamu undangan.

Intinya, Panjang Jimat merupakan sarana memperpanjang ingatan umat Islam terhadap Nabi Muhammad SAW dan kalimat Syahadat. Berasal dari kata Panjang yang artinya memperpanjang (melestarikan) dan Jimat atau barang siji (satu) yang harus dimatmat atau dirawat (dijaga) yaitu kalimat Syahadat.

Prosesi yang sama juga terjadi di Keraton Kanoman. Perbedaannya dengan Keraton Kasepuhan, gamelan (Gong Sekati) peninggalan Sunan Gunung Jati di Keraton Kanoman ditabuh dengan diiringi shalawatan dan lagu-lagu karya Sunan Kalijaga “Lir Ilir”. Prosesi dipimpin Sultan Kanoman XII, Sultan Muhammad Emirudin.

Gong Sekati sebenarnya milik Ratu Ayu (putri Sunan Kalijaga), isteri Pangeran Sabrang Lor (Sultan Demak II). Setelah suaminya wafat, Ratu Ayu membawa Gong Sekati sebagai benda kenang-kenangan suaminya. Makna Sekati adalah Syahadatain, yaitu dua kalimat syahadat. Konon, orang-orang yang ingin menonton pagelaran wayang diperkenankan asalkan terlebih dahulu mengucapkan 2 kalimat Syahadat.

Ritual Panjang Jimat merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan merayakan Maulud Nabi Muhammad SAW. Berbagai kegiatan ritual tradisional juga digelar sebelumnya, diantaranya pencucian jimat di Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan.

Uniknya, air bekas cucian jimat atau benda pusaka itu menjadi rebutan warga yang mengharap berkah. Di Keraton Kanoman, air bercampur bunga setaman bekas mencuci Gong Sekati di Masjid Agung Kanoman menjadi rebutan warga yang meyakini membawa berkah. Itulah sebabnya, warga datang dengan membawa tempat menampung air seperti: gayung, botol mineral dan ember.

Begitu pencucian benda-benda selesai, ratusan warga yang berkumpul menyerbu kolam yang digunakan mencuci benda bersejarah itu. Rebutan air bekas cucian yang dilakukan pengunjung berlangsung seru. Pria, wanita, dewasa atau anak-anak semua berebut air kolam.

Mereka yang mendapatkan air akan terpancar rasa bahagia di wajahnya. Mereka yang mendapatkan air ada yang langsung diminum. Ada juga yang dibilaskan ke tubuh. Mereka percaya air tersebut memiliki manfaat.

“Saya percaya air bekas cucian ini membawa berkah,” tutur seorang warga kepada Misteri. Dia mengaku menampung air itu dalam beberapa botol mineral.

Sementara itu, Ki Nurteja, Dalang Keraton Kanoman mengungkapkan kegaiban yang sering terjadi dalam acara Panjang Jimat.

Dikisahkan, acara Panjang Jimat yang dihadiri ribuan orang itu ternyata juga dikunjungi makhluk gaib. Makhluk itu datang dan bercampur baur dengan manusia.

Makhluk-makhluk gaib itu tergolong jin muslim yang sudah di-Islam-kan oleh Pangeran Cakrabuwana dan Kanjeng Sunan Gunung Jati. Rupanya makhluk gaib itu juga ikut meramaikan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Menurut Ki Nurteja, dirinya sering mendengar cerita dari pengunjung yang datang ke acara Panjang Jimat. Mereka mengaku bertemu dengan sekelompok ‘orang’ yang berpakaian aneh dan berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti.
Ditulis oleh mystys di/pada Maret 11, 2008

Oleh : Agus Siswanto

FOTO-FOTO CIREBON TEMPO DOELOE

www.cirebonkotaku.blogspot.com
Inilah foto-foto Cirebon Tempo Doeloe yang diambil dari http://kasepuhan.multiply.com/photos/album/26/Cheribon_tempo_doeloe

Senin, 29 September 2008

Fase Kehidupan Sujana Arja

www.cirebonkotaku.blogspot.com
Sanggar tari topeng di Desa Slangit, Kecamatan
Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, itu bernama Panji
Asmara. Luasnya sekitar seperempat hektar. Dindingnya
belum diplester.

Sanggar itu terdiri dari empat kamar, yaitu ruang
tamu, ruang tidur, kamar mandi, dan ruang penyimpanan
gamelan, dengan lantai semen yang retak di beberapa
bagian. Sementara di bagian depan terdapat pendopo
berlantai keramik putih yang biasanya digunakan untuk
latihan tari.

Pada dinding terpasang puluhan piagam penghargaan seni
tari yang sebagian di antaranya berjamur dan kusam. Di
situ tertulis, ”Diberikan pada Sujana Arja Atas
Perhatiannya Pada Kesenian Tari Topeng”.

Panji Asmara artinya lebih kurang ”lambang
kesejahteraan”. Hanya saja, meski usianya sudah
belasan tahun, kesejahteraan itu belum juga mengena
kepada si empunya sanggar, Sujana Arja.

Sehari-hari ia hidup dari bantuan anaknya dan pinjaman
uang tetangga. Menurut ia, sekarang ia dan
rombongannya tidak bisa mengandalkan hidup dari pentas
tari topeng saja. Pentas paling dua kali dalam
setahun.

”Setiap kali pentas, saya pasang tarif Rp 30 juta.
Hasil itu saya bagi dengan sekitar 30 pemain, dari
dalang, penabuh gamelan, hingga penari tambahan,”
katanya ketika ditemui di rumahnya, akhir Juli lalu.

Jangankan untuk membeli kostum tambahan, untuk makan
saja susah. Sehari-hari saya cuma nganggur, tidak
punya dan tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Saya
sering sedih dan menangis bila melihat keadaan saya
seperti ini. Tapi mau bagaimana lagi, saya harus
menerima semuanya, kata Sujana pasrah.

Keliling kampung

Tari topeng adalah satu-satunya warisan orangtuanya
yang tersisa. Mulai umur delapan tahun, ia sudah
diajari ayahnya untuk menekuni tari topeng dengan
harapan dapat dibawa keliling kampung untuk bebarang
(mengamen tari topeng). Dua tahun digembleng ayahnya,
Sujana kecil mulai mengikuti rombongan kesenian
ayahnya untuk menari di sekitar tempat tinggalnya di
Desa Slangit. Ada lima urutan tari topeng yang harus
dipelajarinya. Berturut-turut adalah panji, samba,
rumyang, tumenggung, dan kelana.

Lima babak itu biasanya dibawakan dalam satu jam.
Jadi, kalau keliling kampung bisa 10 hari kalau beres.
Satu kali tampil dibayar dengan cara bakdeng, satu
babak satu bedeng padi. Satu bedeng sekitar 8-10
kilogram padi, katanya.

Panji melambangkan kelahiran seorang manusia ke dunia.
Samba melambangkan bayi yang telah beranjak dewasa.
Rumyang melambangkan pernikahan yang ditujukan untuk
menghasilkan keturunan yang baik. Tumenggung
melambangkan kewajiban seseorang yang menikah untuk
bekerja sebagai bekal bagi keluarga. Kelana adalah
kontrol yang harus dimiliki orang itu agar tidak
sombong dalam menghadapi hidup.

Belajarnya harus berurutan, tidak boleh loncat-loncat,
karena ada pesan filosofisnya. Pasalnya, seni tari
topeng awalnya merupakan sarana dakwah para wali di
Cirebon untuk menyebarkan agama Islam, katanya.

Kepiawaiannya mulai dikenal masyarakat ketika ia
berumur 12 tahun. Daerah tampilannya meluas hingga
Cirebon dan akhirnya dikenal hingga tingkat nasional.
Dengan pesat, namanya pun tercatat sebagai maestro
seni tari, khususnya tari topeng Cirebon.

Alhasil, pertunjukan ke berbagai negara juga sering
dilakoninya mewakili Indonesia. Tercatat negara
seperti Australia, Amerika Serikat, Swiss, Belanda,
Jerman, dan Jepang merupakan negara yang pernah ia
kunjungi. Muridnya pun tidak sebatas dalam negeri, 32
muridnya tersebar di beberapa negara yang pernah ia
kunjungi itu.

Jangan punah

Keinginan orangtuanya untuk terus melestarikan tari
topeng diturunkan kepada dua anak laki-lakinya, Inu
Kertapati dan Astori. Sama seperti Sujana, nama Inu
Kertapati telah dikenal ke mancanegara melalui tari
topeng. Terakhir, tahun 2004, Inu dikirim ke Taiwan
mewakili Indonesia dalam pertukaran seni budaya.

Sekarang kalau ada undangan untuk tampil, Inu sering
menggantikan saya karena saya sudah tidak kuat lagi
untuk menari, katanya.

Akan tetapi, ia mengakui, warisan itu tidak cukup bila
hanya ia berikan kepada anaknya. Lama-kelamaan tari
topeng akan punah bila hanya segelintir orang yang
mengetahuinya. Ia melihat lingkungannya, beberapa
teman seperjuangannya, seperti tari topeng versi
Palimanan, versi Gegesik, dan versi Losari, sudah di
ambang kepunahan.

Kalau bisa, saya titipkan kesenian tari topeng yang
masih tersisa ini pada generasi selanjutnya agar di
kemudian hari tidak punah. Sebab, saya yakin dari
topeng kita bisa belajar apa yang disebut dengan fase
kehidupan, kata Sujana. (D01
ttp://fossplanet.com

Oleh Ida Rosdalina Jakarta – Awal Agustus 2008 sebuah pertunjukan tari tradisional dirancang untuk digelar di sebuah ballroom hotel mewah di Jakarta

www.cirebonkotaku.blogspot.com

Oleh
Ida Rosdalina

Jakarta – Awal Agustus 2008 sebuah pertunjukan tari tradisional dirancang untuk digelar di sebuah ballroom hotel mewah di Jakarta.

Ini bukan sebuah pemandangan lazim karena biasanya tari-tarian tradisi hanyalah tontonan dalam gedung-gedung usang yang sudah ditinggal penikmatnya.
Namun kali ini, Gelar bersama Bimasena mengangkat pertunjukan tradisi menjadi tontonan yang berkelas. Harga tiket tidak tanggung-tanggung, Rp 1 juta. Bagi Bimasena, sebuah perkumpulan masyarakat pertambangan dan energi, mementaskan pertunjukan tradisi semacam ini bukan hal baru.
“The Mask sesuai dengan program budaya kami, yaitu mengangkat seniman-seniman Indonesia dan membantu melestarikan budaya Indonesia untuk anak-cucu,” kata Tini Hadju-Malayu, Assistant Managing Director Bimasena.
Pementasan yang diproduseri oleh Bram dan Kumoratih Kushardjanto ini akan menampilkan Topeng Kedok Tiga Betawi, Topeng Pajegan dari Bali, dan Wayang Topeng Yogyakarta.
Mengapa Topeng? Menurut Deddy Luthan, seorang koreografer yang menjadi penata artistik pertunjukan ini, topeng adalah sebuah fenomena dalam kesenian Indonesia. “Hampir 80 persen Kesenian di Indonesia menggunakan topeng sebagai sarana berekspresi,” kata Deddy, beberapa waktu lalu.
Topeng merupakan hasil budaya yang sama tuanya dengan pembuatnya. Fungsi topeng pun bermacam-macam. Di Jawa Barat, ada topeng yang terbuat dari emas untuk menutupi wajah orang yang meninggal. Kepopuleran topeng dalam budaya Indonesia memiliki berbagai alasan. Topeng menampilkan karakter, sebagai tiruan wajah. “Topeng juga merupakan pemalsuan diri, di mana ketika menari topeng, orang tidak lagi mewakili diri sendiri, melainkan menjadi orang lain,” kata Deddy.
Tokoh dalam topeng tidak terbatas pada manusia, melainkan juga dari alam lain. Untuk menandai sifat karakter yang dibawakannya, topeng dibuat dalam berbagai warna.
Dalam beberapa kebudayaan, topeng memiliki fungsi keagamaan. Dalam fungsinya ini, topeng mewujudkan konsep-konsep agama, berhubungan dengan kekuatan gaib tertentu.
Dari fungsi keagamaan, fungsi topeng bergeser menjadi estetika karena kehidupan berubah. Topeng hampir punah karena ada perubahan-perubahan dalam masyarakat. Tari-tarian Topeng kini lebih bersifat profan. “Ketika menjadi hiburan, yang lebih ditekankan adalah bagaimana pertunjukannya. Bagaimana gerak, musik dan bentuknya,” kata Deddy.
Namun, seperti pertunjukan tradisi lain, topeng pun mengalami pasang surut. Pertunjukan topeng saat ini ada di titik rawan. Penyebabnya, sudah banyak maestro tari topeng yang meninggal dan tidak banyak orang yang meneruskannya.

Unsur Serapan
Salah satu yang akan tampil dalam pertunjukan bertajuk “The Mask of the Maestro” adalah Kartini. Seniman ini akan menampilkan Tari Kedok Tiga Betawi. Dalam kebudayaan Betawi, topeng tidak menjadi bagian dari keagamaan. “Betawi tidak punya tradisi topeng,” kata Kartini.
Namun, nama topeng digunakan untuk menyebut teater Betawi yang memiliki alur cerita.
Tari Kedok Tiga ini diciptakan oleh Mak Kinong, nenek Kartini, pada tahun 1930-an. Karena tidak memiliki tradisi, tari topeng atau kedok (dalam bahasa Betawi) menyerap banyak unsur topeng dari Cirebon.
Ada tiga karakter dalam tiga warna dalam tarian ini. Topeng putih melambangkan kelembutan sekaligus sebagai tarian untuk menyambut penonton. Kemudian, penari menggunakan topeng berwarna merah muda dengan gerakan yang lebih atraktif dan karakter yang beringas dan kasar diwakili dengan topeng berwarna merah. Semuanya ditampilkan oleh satu penari.
Namun, baru tiga generasi, tari ini sudah mulai langka. Menurut Kartini, tarian ini biasanya dipanggungkan dalam acara khitanan, upacara haul, dan penolak bala. “Ini pertama kali saya tampil di gedung yang mewah,” kata Kartini sambil tertawa.
Selain Tari Kedok Tiga Betawi, dua tari lainnya berasal dari Yogyakarta dan Bali. Wayang Topeng Gaya Yogyakarta ditarikan oleh Lantip Kuswala Daya. Seperti juga tari Kedok Tiga Betawi, wayang topeng asal Yogyakarta ini tidak berkaitan dengan fungsi keagamaan. Tari Topeng Klana klasik ini diciptakan dari kalangan Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Namun, beberapa master tari Yogyakarta, seperti Bagong Kussudiardjo dan Romo Sas telah membuat perubahan pada gerak dan tempo sehingga lebih ekspresif dan lebih cepat.
Sayangnya, kepopuleran Tari Topeng Klana Yogyakarta ini kalah dibanding jenis Tari Topeng Klana dari Surakarta.
Dari Bali, akan tampil maestro tari I Made Djimat dengan Topeng Pajegan. Di antara ketiga tari topeng yang akan dipanggungkan, Topeng Pajegan satu-satunya yang memiliki fungsi keagamaan.
Tari ini adalah ritual yang mengiringi upacara keagamaan Hindu dalam budaya Bali yang diakhiri dengan Topeng Sidakarya sebagai puncak dari ritual itu. Oleh karena itu, penari Topeng Pajegan adalah orang yang memiliki tingkatan spiritual tinggi. Dalam tarian ini, penari harus mampu menarikan peran apa saja yang diwakili dalam berbagai bentuk topeng. n







Copyright © Sinar Harapan 2008

“The Mask of the Maestro” Mengetengahkan Tari Topeng yang Terpinggirkan

www.cirebonkotaku.blogspot.com

Oleh
Ida Rosdalina

Jakarta – Awal Agustus 2008 sebuah pertunjukan tari tradisional dirancang untuk digelar di sebuah ballroom hotel mewah di Jakarta.

Ini bukan sebuah pemandangan lazim karena biasanya tari-tarian tradisi hanyalah tontonan dalam gedung-gedung usang yang sudah ditinggal penikmatnya.
Namun kali ini, Gelar bersama Bimasena mengangkat pertunjukan tradisi menjadi tontonan yang berkelas. Harga tiket tidak tanggung-tanggung, Rp 1 juta. Bagi Bimasena, sebuah perkumpulan masyarakat pertambangan dan energi, mementaskan pertunjukan tradisi semacam ini bukan hal baru.
“The Mask sesuai dengan program budaya kami, yaitu mengangkat seniman-seniman Indonesia dan membantu melestarikan budaya Indonesia untuk anak-cucu,” kata Tini Hadju-Malayu, Assistant Managing Director Bimasena.
Pementasan yang diproduseri oleh Bram dan Kumoratih Kushardjanto ini akan menampilkan Topeng Kedok Tiga Betawi, Topeng Pajegan dari Bali, dan Wayang Topeng Yogyakarta.
Mengapa Topeng? Menurut Deddy Luthan, seorang koreografer yang menjadi penata artistik pertunjukan ini, topeng adalah sebuah fenomena dalam kesenian Indonesia. “Hampir 80 persen Kesenian di Indonesia menggunakan topeng sebagai sarana berekspresi,” kata Deddy, beberapa waktu lalu.
Topeng merupakan hasil budaya yang sama tuanya dengan pembuatnya. Fungsi topeng pun bermacam-macam. Di Jawa Barat, ada topeng yang terbuat dari emas untuk menutupi wajah orang yang meninggal. Kepopuleran topeng dalam budaya Indonesia memiliki berbagai alasan. Topeng menampilkan karakter, sebagai tiruan wajah. “Topeng juga merupakan pemalsuan diri, di mana ketika menari topeng, orang tidak lagi mewakili diri sendiri, melainkan menjadi orang lain,” kata Deddy.
Tokoh dalam topeng tidak terbatas pada manusia, melainkan juga dari alam lain. Untuk menandai sifat karakter yang dibawakannya, topeng dibuat dalam berbagai warna.
Dalam beberapa kebudayaan, topeng memiliki fungsi keagamaan. Dalam fungsinya ini, topeng mewujudkan konsep-konsep agama, berhubungan dengan kekuatan gaib tertentu.
Dari fungsi keagamaan, fungsi topeng bergeser menjadi estetika karena kehidupan berubah. Topeng hampir punah karena ada perubahan-perubahan dalam masyarakat. Tari-tarian Topeng kini lebih bersifat profan. “Ketika menjadi hiburan, yang lebih ditekankan adalah bagaimana pertunjukannya. Bagaimana gerak, musik dan bentuknya,” kata Deddy.
Namun, seperti pertunjukan tradisi lain, topeng pun mengalami pasang surut. Pertunjukan topeng saat ini ada di titik rawan. Penyebabnya, sudah banyak maestro tari topeng yang meninggal dan tidak banyak orang yang meneruskannya.

Unsur Serapan
Salah satu yang akan tampil dalam pertunjukan bertajuk “The Mask of the Maestro” adalah Kartini. Seniman ini akan menampilkan Tari Kedok Tiga Betawi. Dalam kebudayaan Betawi, topeng tidak menjadi bagian dari keagamaan. “Betawi tidak punya tradisi topeng,” kata Kartini.
Namun, nama topeng digunakan untuk menyebut teater Betawi yang memiliki alur cerita.
Tari Kedok Tiga ini diciptakan oleh Mak Kinong, nenek Kartini, pada tahun 1930-an. Karena tidak memiliki tradisi, tari topeng atau kedok (dalam bahasa Betawi) menyerap banyak unsur topeng dari Cirebon.
Ada tiga karakter dalam tiga warna dalam tarian ini. Topeng putih melambangkan kelembutan sekaligus sebagai tarian untuk menyambut penonton. Kemudian, penari menggunakan topeng berwarna merah muda dengan gerakan yang lebih atraktif dan karakter yang beringas dan kasar diwakili dengan topeng berwarna merah. Semuanya ditampilkan oleh satu penari.
Namun, baru tiga generasi, tari ini sudah mulai langka. Menurut Kartini, tarian ini biasanya dipanggungkan dalam acara khitanan, upacara haul, dan penolak bala. “Ini pertama kali saya tampil di gedung yang mewah,” kata Kartini sambil tertawa.
Selain Tari Kedok Tiga Betawi, dua tari lainnya berasal dari Yogyakarta dan Bali. Wayang Topeng Gaya Yogyakarta ditarikan oleh Lantip Kuswala Daya. Seperti juga tari Kedok Tiga Betawi, wayang topeng asal Yogyakarta ini tidak berkaitan dengan fungsi keagamaan. Tari Topeng Klana klasik ini diciptakan dari kalangan Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Namun, beberapa master tari Yogyakarta, seperti Bagong Kussudiardjo dan Romo Sas telah membuat perubahan pada gerak dan tempo sehingga lebih ekspresif dan lebih cepat.
Sayangnya, kepopuleran Tari Topeng Klana Yogyakarta ini kalah dibanding jenis Tari Topeng Klana dari Surakarta.
Dari Bali, akan tampil maestro tari I Made Djimat dengan Topeng Pajegan. Di antara ketiga tari topeng yang akan dipanggungkan, Topeng Pajegan satu-satunya yang memiliki fungsi keagamaan.
Tari ini adalah ritual yang mengiringi upacara keagamaan Hindu dalam budaya Bali yang diakhiri dengan Topeng Sidakarya sebagai puncak dari ritual itu. Oleh karena itu, penari Topeng Pajegan adalah orang yang memiliki tingkatan spiritual tinggi. Dalam tarian ini, penari harus mampu menarikan peran apa saja yang diwakili dalam berbagai bentuk topeng. n







Copyright © Sinar Harapan 2008

Rasinah Hidupi Tari Topeng Indramayu

www.cirebonkotaku.blogspot.com
By langitperempuan on Juli 19th, 2008

Rasinah, sumber foto http://ejavanica.blogspot.com(etnofilm) ~ Mimi Rasinah adalah seorang Penari Topeng Indramayu ternama. Bahkan, namanya pun sudah dimasukkan dalam kategori maestro. Perempuan berusia 80 tahun itu telah memperlihatkan dedikasi yang begitu tinggi terhadap kesenian tradisional itu. Ia bukan hanya menari dengan topeng-topeng yang selalu berganti di wajahnya. Tapi, ia juga menyebarkan inspirasi bagi orang lain untuk mencintai Tari Topeng Indramayu.

Rasinah lahir di Desa Pekandangan, Indramayu, Jawa Barat. Kedua orangtuanya juga seniman. Karena itu, darah seni pun menucur deras di dalam nadinya. Sejak kecil ia telah diajari menari lengkap dengan aturan-aturan “mistis”nya. Bahkan, ia pun telah “diamenkan” di panggung-panggung hajatan (bebarang), untuk menegaskan suratan hidupnya yang seniman.

Masa kanak-kanak dan remaja Rasinah hanyalah tarian. Gejolak hidup Rasinah muda hanyalah panggung-panggung hajatan, lengkap dengan suara tetabuhannya. Sehingga, di luar Tari Topeng Indramayu, sungguh ia bukanlah apa-apa. Seperti pelantun lagu Gambang Kromong klasik, Masnah, ia pun cerminan “anak wayang” yang sepanjang hidupnya lebih diberikan untuk panggung dan penonton. Ia sama sekali tidak mengenal hal lain di luar dunia tersebut. Sekolah atau menikmati keceriaan seperti kaum remaja sebayanya.

rasinah, sumber foto kapasmerahKeteguhan Rasinah untuk terus konsisten di jalurnya bukan tidak dihadang masalah. Pergeseran selera masyarakat dari kesenian tradisional ke kesenian yang lebih modern membuat Rasinah – dan seniman tradisional pada umumnya – terkena imbas besar. Mereka kehilangan panggung-panggung hajatan, lahan untuk mengekspresikan kesenimanannya, dan tentu saja, nafkah!

Masa-masa sulit seperti itu dirasakan benar oleh Rasinah. Terlebih setelah ayah dan ibunya meninggal. Ia memang anak tunggal. Sehingga, ia harus menggantungkan hidupnya pada sang suami. Ia nyaris tidak memiliki kesempatan untuk menari. Lantaran tidak ada lagi yang mengundangnya.

Dalam kesendirian dan keterasingan, ia hanya memasrahkan hidupnya pada Yang Mahaperkasa. Ia tidak berani lagi menghitung-hitung suratan nasib di depannya. Karena, ia sadar bahwa ia hanyalah seniman tradisional, plus dengan kemampuan yang terbatas. Untuk beralih pada sumber penghidupan yang lain, ia juga merasa tidak bisa. Maka, ia pun hanya bisa menari di rumahnya sendiri. Kerap, ia menari ditemani cucunya, Aerli. Dan, dengan sisa gendang, saron, dan gong, dari ayahnya, ia juga coba ajarkan pada cucunya yang Edi. Saat itu, ia mencoba menitiskan kemampuan berkeniannya kepada kedua cucunya.

Cara itu ditempuh oleh Rasinah, agar ia tetap memiliki semangat untuk menari. Di benaknya hanya terlintas satu niat, agar hidup yang pahit itu bisa dijalani dengan keceriaan sambil membagi-baginya kepada orang terdekat. Tari Topeng Indramayu adalah satu-satunya harta karun yang dimilikinya. Sehingga, hanya dengan “benda” itulah ia bisa mewariskannya kepada keturunannya.

Bangunan semangat untuk bertahan dan berbagi, serta kepasrahan untuk menyerahkan segala-galanya kepada Dzat Yang Mahasempurna, akhirnya berbuah kebahagiaan. Ketabahan dan kegigihan untuk terus berkesenian secara bersahaja membuahkan perhatian pihak lain. Ia percaya bahwa orang yang tiba-tiba memedulikan dirinya dan Tari Topeng Indramayunya adalah tangan-tangan Tuhan. Ya, cerminan sifat rahman dan rahimNya.

Minat kalangan pemerhati kesenian tersebut yang bertekad merevitalisasi kesenian Tari Topeng Indramayu menebarkan manisnya juga untuk Rasinah. Ia pun diminta untuk menari di berbagai tempat. Bukan sekedar panggung-panggung hajatan di kampung-kampung. Tapi, termasuk juga pentas-pentas di gedung-gedung kesenian di kota besar, di dalam dan luar negeri. Luar biasa!

Gubuk yang tadinya nyaris runtuh karena tidak pernah mendapat perhatian, perlahan-lahan ia bangun kembali. Bahkan, ia pun berhasil membangun sanggar sederhana di salah satu sudut rumahnya. Teman berlatihnya pun bukan hanya Aerli, cucunya. Tapi, anak-anak lain berdatangan untuk meminta juga “harta karun” yang dimiliknya. Seiring dengan itu, panggilan-panggilan untuk menari pun tidak pernah lagi berhenti.

Maka, Rasinah yang oleh murid-muridnya dipanggil Mimi (nenek) telah mendapati kegemilangan nan tiara di hari tuanya. Ia bisa tersenyum bahagia saat meyakini bahwa keteguhannya mendalami Tari Topeng Indramayu membuahkan panen besar. Ia bisa tertawa gembira saat mensyukuri bahwa kesungguhan mengawal kesenian tradisional itu memberikan manfaat tak terhingga. Sehingga, ia pun bisa melupakan kepahitan dan rintangan yang selama menempa perjalanan berkesenianannya dan kehidupan nyatanya.

Kita bisa mengatakan apa yang terjadi pada Mimi Rasinah karena keterpaksaan. Ia terpaksa bertahan dengan kemiskinan dan kepapaannya sebagai seniman tradisional, karena ia tidak memiliki kemampuan lain. Ia terus menekenuni Tari Topeng Indramayu karena tidak ada pilihan lain. Pendapat itu tidak salah. Sama sekali tidak salah.
Tapi, fakta juga berbicara, dengan kemiskinan dan kepapaan itu justru ia terus menari. Padahal ia tidak lagi mendapat panggilan dan memiliki panggung tetap. Ia menari untuk dirinya sendiri dan di “panggung” yang teramat sempit di dalam gubuknya. Ia juga menari sambil membagi “kesenimannya” pada orang terdekat. Kedua hal itu merupakan pertanda kesungguhan untuk mempertahankan hidup dan terus berbagi.

Rasinah laksana setangkai suket (rumput). Suket tidak menyesali kemiskinan, kepapaan, dan kenyataan diri, yang memang berada di bawah. Ia terus bersemangat, bersungguh-sungguh, dan tabah, untuk memulai mengisi pagi. Bahkan, dengan “panggung” yang teramat sederhana, ia terus “berkesenian”. Dan, dengan suka-cita, rona hijau ditebarkan ke sekelilingnya. Ia bertahan dan memberi. Sebuah ajaran cinta terdalam, yang tidak lagi berpikir tentang keberadaan diri dan imbalan atas penebaran cinta itu sendiri.

Yang dilakukan Rasinah saat persoalan-persoalan hidup memburunya tanpa henti adalah memasrahkannya kepada Yang Mahamemberi. Keluh-kesah, penyesalan, putus asa, apatis menghadapi hidup, justru hanya akan menyurut semangat bertahan dan kesungguhan memberi. Sehingga, tanpa proklamasi dan pengumuman yang berlebih, ia memang menunjukkan kebangkitannya sebagai khalifah. Tanpa berpikir tentang hakekat hijrah nurani yang sering diungkap oleh Kalangan Sufi, ia justru telah melakukannya dengan istiqomah.

Kebangkitan itu sendiri tidak identik dengan pelarian atas kepungan masalah atau kemadekan karier. Tapi, “pribadi nan tercerahkan” adalah pilihan lain dari hidup ini. Siapa pun boleh hidup dengan pilihan apanya masing-masing. Entah terus menjunjungi semangat mimpi, keinginan, cita-cita, dan ambisi, untuk meraih kebahagiaan duniawi. Atau, mencoba meraih target kebahagiaan di alam lain. Terserah saja.

Yang pasti, Rasinah telah memperlihatkan contoh menarik, untuk memilih pilihan yang lain. Sebuah target, yang bisa jadi, tidak lazim dan tidak popular. Tapi, bila hal itu bisa menenangkan batin, sekaligus mampu membangkitkan semangat, kesungguhan, ketekunan, dan kegigihan, untuk mendapati hidup itu sendiri, serta menikmatinya dengan penuh kemenangan.

Di usia senjanya sekarang, Rasinah nyaris tak bisa lagi menggerakkan tangan, menghentakkan kaki, dan memancangkan topeng di wajahnya. Bahkan, serangan stroke memaksanya untuk bolak-balik ke rumahsakit. Tragisnya, karena ketiadaan biaya, keluarganya sampai berkeinginan menjual topeng-topengnya. Satu-satunya keperkasaan yang masih ditorehkan seorang Rasinah, di tengah ketidakberdayaannya, ialah ketetapan hatinya memaksakan diri untuk mengawasi murid-muridnya setiap kali berlatih menari. Subhanallah.

“Yang membuat kami terharu dan yang paling berkesan, ia pernah mengatakan bahwa ia akan mati di atas panggung,” tutur salah seorang cucunya Edi Suryadi dalam film dokumenter “dua Perempuan” produksi Matahati Productions, 2007, yang mengangkat cerita tentang Rasinah dan Masnah, penyanyi Gambang Kromong terkemuka. (sumber: etnofilm.wordpress.com | Mei 2008)

Tari Topeng Transparan, Napas Agak Terganggu

www.cirebonkotaku.blogspot.com
Cirebon - Topeng transparan tidak terbuat dari kayu seperti topeng lainnya. Tari topeng transparan juga sengaja memperlihatkan wajah sang penari, meskipun samar dibalik balutan topeng berbahan baku recine.
Topeng transparan adalah topeng yang berbahan baku recine sehingga topeng yang satu ini nyaris tembus pandang dan wajah penarinya sengaja diperlihatkan. Tari topeng transparan juga telah memperkaya khasanah seni dan budaya Cirebon sebab menambah satu lagi jenis tari topeng yang selama ini dikenal memiliki empat gaya yaitu, Topeng Kelana, Samba, Tumenggung dan Rumyang.
Menurut penciptanya, MP Ponimyn Surialangit, tari topeng transparan merupakan simbol harapan
akan adanya transparansi pengelolaan negara oleh para pejabat. “Sudah waktunya negara ini dikelola dengan transparan sebab bukan zamannya lagi menutup-nutupi kejelekan,” katanya, kepada Radar, malam kemarin (10/9).
Tari topeng transparan sangat berbeda dengan para pendahulunya. Bentuk topeng transparan cenderung realis sebab lebih menyerupai wajah manusia dan koreografinya cenderung menonjolkan watak keras yang ditunjukan dari gerakan-gerakan horizontal. Tarian yang berdurasi sepuluh menit ini malam kemarin di pamerkan murid-murid Sanggar Puser Langit di aula terbuka Puser Langit yang berada tepat disamping Gedung Kesenian Cirebon.
Meskipun diguyur hujan deras, namun hentakan gerakan Wiwi Ruwiyah, Oktaviani Indah dan Dian Afiana membuat penonton tetap fokus menyaksikan kali pertama tari topeng transparan dipentaskan. Menurut penciptanya, topeng transparan merupakan cerminan birokrat yang senang menindas rakyat.
Ponimyn menjelaskan tari topeng transparan yang di uji cobakan adalah bentuk pertama dari tari topeng transparan. “Saya sedang membuat ikon-ikon lainnya,” katanya. Menurut Ponimyn, bentuk pertama topeng transparan adalah simbol dari kepala daerah, untuk bentuk yang kedua menyimbolkan wakil kepala daerah dan topeng yang ketiga menyimbolkan sekretaris daerah.
Sementara untuk topeng keempat adalah simbol dari asisten daerah, topeng kelima adalah simbol Satuan Kelengkapan Pemerintah Daerah (SKPD), topeng ke enam adalah simbol dari DPRD dan topeng yang terakhir adalah menyimbolkan rakyat.
“Saat ini baru dibuat satu topeng dulu dan diuji cobakan, untuk topeng selanjutnya masih dalam tahap pembuatan,” ucap pria humoris ini. Dengan dilakukannya uji coba kali ini, kata Ponimyn, diharapkan kelemahan topeng transparan dapat diketahui sehingga bisa lebih disempurnakan.
Dia mengakui topeng berbahan baku recine tersebut, terlalu berat dan tebal. “Jadi belum terlalu transparan,” ujarnya. Setelah uji coba, kata Ponimyn, dirinya akan melakukan beberapa perbaikan diantaranya adalah mengurangi ketebalan topeng agar terlihat lebih transparan. Selain itu, menurutnya, topeng transparan juga memiliki kelemahan yaitu mudah pecah, sebab bahan bakunya hampir seperti kaca. “Oleh karena itu, penari harus berhati-hati agar topeng tersebut tidak jatuh dan pecah,” ujarnya.
Sementara itu, tiga dara yang menarikan tari topeng transparan, Dian Avianti, Oktaviani Indah dan Wiwi Ruwiyah mengaku tidak kesulitan untuk menarikan topeng ciptaan Ponimyn itu. Namun ketiganya sepakat menyatakan kalau topeng jilid pertama tersebut masih terlalu berat. “Hampir tidak ada kendala untuk menarikannya, hanya saja topengnya masih terlalu berat,” kata Dian.
Ditambahkannya, lubang di bagian mata dan hidung dari topeng tersebut juga terlalu kecil sehingga penglihatan menjadi kurang jelas. “Lubang mata dan hidungnya kurang besar, jadi penglihatan dan pernapasan agak terganggu,” kata siswi kelas VIII SMPN 4 Cirebon ini. (yud)
Sumber http://www.radarcirebon.com

Maestro Tari Topeng Menderita Lumpuh

www.cirebonkotaku.blogspot.com
Cirebon (ANTARA News) - Mimi Rasinah (80), mestro topeng Cirebon, sudah lebih dua tahun mengalami lumpuh sebelah tubuhnya akibat stroke dan kini hanya terbaring lemah di rumahnya di Desa Pekandangan, Kecamatan Indramayu.

"Mimi Rasinah sangat perlu uluran tangan dermawan karena sudah tidak punya apa-apa lagi. Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk dapat uang adalah dengan melelang topeng dan benda-benda pusaka milik Mimi," kata Ade Jayana (27), suami Erli Rasiah (22), cucu Mimi Rasinah kepada wartawan di Indramayu, Selasa.

Ia mengungkapkan, Mimi menghabiskan hidupnya demi pengembangan tari topeng, bahkan saat terkena stroke pertama Desember tahun 2006, juga disebebkan karena kelelahan setelah pulang mengajar tari topeng di salah satu SMA di Indramayu.

"Karena kekelahan, Mimi terjatuh setelah mengambil air wudlu. Sampai sekarang, sudah dua tahun hanya berbaring saja," kata Ade, lulusan STSI Bandung.

Selanjutnya Erli menjelaskan, saat ini dia meneruskan kegiatan latihan tari topeng di sanggar tari "Mimi Rasinah" di rumahnya di Ds Pekandangan, Kec Indramayu.

"Mimi minta latihan tari terus jalan, dan banyak murid yang masih terus berlatih sampai sekarang," katanya.

Ia juga mengungkapkan, dirinya menunggu janji Pemkab Indramayu untuk mengganti biaya penampilan Grup Tari Topeng Mimi Rasinah di Gedung Sangkuriang Bandung pertengahan Januari 2008 lalu, karena saat itu biaya ditanggung oleh keluarganya.

"Saat itu saya tampil mewakili Indramayu. Biaya kami tanggung dulu, soalnya Pemkab janji akan mengganti biaya pementasan. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan, padahal kami sangat membutuhkan uang," katanya.

Karena terdesak kebutuhan obat-obatan itu, dua topeng kebanggaan Mimi Rasinah yaitu Topeng Kelana Dursasana dan Topeng Kelana Gandrung, akan dilelang untuk mendapatkan uang.

"Mimi juga akan melelang dua uang benggol warisan dari ayahnya yang dulu sempat ditawar orang eropa sampai Rp 10 juta," katanya yang berharap ada uluran tangan dari Pemerintah.

Mimi rasinah sejak tahun 1990 sudah berkelana untuk pentas tari topeng ke luar negeri antara lain di Jepang, Belanda dan sejumlah negara lainnya.

Mimi Rasinah yang lahir di Indramayu 3 Februari 1930 itu sekarang merupakan satu-satunya maestro topeng yang tersisa setelah wafatnya Sawitri, maestro topeng asal Losari, Cirebon, tahun 1999.

Sejak kecil Mimi Rasinah sudah menggeluti tari topeng yang diajarkan oleh ayahnya, dan keseriusan Mimi Rasinah dalam menggeluti kesenian ini dibuktikan dengan profesinya sebagai penari topeng yang tetap mempertahankan tradisionalitas, sehingga banyak yang menyebutnya klasik.

Di seputar Cirebon, karakter tari topeng mempunyai macam dan bentuknya, seperti wilayah Timur Cirebon tepatnya di Desa Astanalanggar dengan tokohnya Dewi dan Sawitri yang dua-duanya sudah wafat.

Di sebelah Barat terdapat di Palimanan, Cirebon dengan tokohnya Wentar, Koncar, Ami, Dasih dan Suji. Juga di Desa Slangit, Klangenan, Kabupaten Cirebon ada juga maestro yang dulu berjaya antara lain Sutejo, Suparta, Sujaya, Sujana, dan Keni.

Saat ini tari topeng tidak lagi menjadi seni pertunjukan pada acara hajatan seperti pernikahan atau sunatan karena perannya sudah tergeser oleh organ tunggal yang dianggap lebih moderen.(*)

Goa Sunyaragi, Wisata Kultural Bercorak Hindu, Islam, dan Eropa

www.cirebonkotaku.blogspot.com
INILAH taman indah lambang kebesaran masa silam. Meskipun telah terbenam perjalanan zaman, Goa Sunyaragi yang dibangun awal abad ke-18 oleh Kerajaan Islam Kasepuhan Cirebon masih memperlihatkan keindahannya sebagai maha karya arsitektur tempo dulu. Bangunan ini menggunakan bongkahan batu karang dan batu bata sebagai sandaran atau penyangga, dan pada puncak-puncak bangunan ada bangunan limasan dari bahan kayu.Goa Sunyaragi merupakan kompleks bangunan yang semua ruang-ruangnya dibentuk menyerupai goa. Atau lebih tepatnya merupakan kompleks goa-goa buatan yang dihubungkan oleh lorong atau jalan-jalan setapak yang berliku indah. Menuju ke tempat wisata yang terletak di Kota Cirebon (Jabar) ini tidaklah sulit. Dari terminal induk Kota Cirebon obyek wisata sejarah budaya ini, langsung naik angkutan kota sampai di goa ini.

Bangunan Sunyaragi sebagaimana diungkapkan peneliti dari Balai Arkeologi Bandung W Anwar Falah, sebenarnya merupakan kompleks bangunan taman sari yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan menyepi diri bagi keluarga Raja Kasepuhan Cirebon pada awal-awal abad ke-18. Sunyaragi terdiri dari dua suku kata sunya berarti sunyi, sepi,dan ragi berarti raga. Nama ini menurut sumber tertulis memang nama sebenarnya, atau nama asli pemberian pembuatnya.

Karena goa ini berfungsi ganda, yaitu sebagai tempat istirahat dan tempat menyepi, maka bentuk arsitekturnya pun mengarah pada dua fungsi itu. Berkesan mistis, tetapi juga indah, artistik, dan segar, dan sudah pasti dulunya penuh bunga-bunga. Atau dalam istilah dunia arkeologi ada dua sifat bangunan di Sunyaragi yaitu bangunan profan yang mencerminkan sebagai tempat kesenangan duniawi para Sultan Kasepuhan Cirebon. Sedang unsur bangunan yang kedua adalah bangunan bersifat sakral yang berkait dengan perilaku keagamaan para sultan.

Kesan profan itu bisa dilihat pada halaman utama. Begitu memasuki bangunan Sunyaragi yang menggambarkan adanya area pertamanan. Di halaman utama ini terdapat ruang-ruang kosong yang menyebar di sana-sini, dan hiasan-hisan batu karang yang variatif. Pintu gerbang masuk bangunan yang
awal pembuatannya diperkirakan pada masa pemerintahan Pangeran Aria Cirebon (1697-1768) ini dibuat bermotif bentar dari bahan terakota (bata). Hampir setiap pintu masuk di bangunan itu memakai bangunan berundak-undak (bentar) yang berciri Hinduistik. Ciri Hinduistik juga terlihat adanya bentuk makara (raksasa) di atas pintu dan jaladwara (talang air di sudut-sudut bangunan) dan bangunan kayu bentuk joglo.

Bangunan Sunyaragi juga diwarnai adanya unsur budaya Cina atau gaya Tiongkok kuno, seperti ukiran atau relief yang bermotif kembang kuningan, bunga persik, bunga matahari, serta teratai. Ciri khas Tiongkok kuno juga terlihat adanya tempelan di dinding-dinding bangunan piring-piring atau panil-panil keramik Cina. Yatna Satriana dan kawan-kawan dalam bukunya Kesejarahan dan Nilai Arsitektur Sunyaragi menyatakan, adanya unsur Cina dalam bangunan itu menjadi wajar, karena banyak orang-orang Cina yang memberikan bantuan atas pembangunan Sunyaragi. Pemberi bantuan ini adalah para pengikut Putri Cina istri Syekh Syarif Hidayattullah atau Sunan Gunungjati.

Sebagai bangunan yang dibangun Kerajaan Kasepuhan Cirebon yang memang menobatkan diri sebagai kerajaan Islam, sangat wajar unsur Islam juga melekat dalam kompleks bangunan seluas 1,5 hektar ini, khususnya pengaruh Timur Tengah. Di antaranya adanya relung-relung pada dinding beberapa bangunan, tanda-tanda kiblat pada tiap-tiap tempat shalat. Di samping itu juga ada bangunan-bangunan pawudlon (tempat wudu). Ada bangunan yang disebut bangsal Jinem yang jika dilihat dari seluruh penjuru mata angin mirip Ka'bah.

Bangunan Goa Arga Jumut memiliki unsur kuat khas arsitektur Eropa. Misalnya jendela bagian atas melengkung dan berjari-jari, pintunya tinggi, dan langit-langitnya terbuat dari kayu, dan lubang anginnya berbentuk lingkaran, dan tiang bangunan terbuat dari semen cor berbentuk kolom menunjukkan pengaruh arsitektur Eropa.

Melihat Sunyaragi, wisatawan akan diajak masuk dalam suasana kultur Hindu, Islam, Cina, dan Eropa. Sebuah gambaran betapa luasnya pergaulan raja-raja Cirebon di masa itu. Kita akan menikmati sebuah silang kultur tanpa memperhatikan agama.

***

MESKIPUN bangunan ini masih tampak utuh, namun siapa yang mengawali pembangunan Sunyaragi dan kapan dimulainya pembangunan, masih belum jelas betul. Arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung W Anwar Falah yang meneliti bangunan Sunyaragi mencatat adanya beberapa fakta. Berbagai data tertulis ataupun data lisan menyebutkan pembangunan Sunyaragi berkisar antara awal abad ke-18 sampai pertengahan abad ke-18.

Babad Cirebon menerangkan pendirian Sunyaragi diperkirakan pada tahun Jawa 1666 atau 1741 Masehi. Babad Cirebon itu tidak menyebutkan proses pendirian Sunyaragi, namun menyebutkan masa pembangunan Sunyaragi pada pemerintahan Pangeran Aria Cirebon (1697-1768). Dari kumpulan arsip Hindia Belanda, sejarawan Moisbergen menyebutkan, Sunyaragi dibangun tahun 1703 oleh Pangeran Aria Cirebon yang dibantu arsitektur dari Cina. Keraton Kasepuhan juga berpendapat Sunyaragi dibangun Pangeran Aria Cirebon. Namun, pihak Keraton Kasepuhan menjelaskan berdasarkan candra sengkala dalam bentuk relief garuda dililit ular yang menempel di salah satu bangunan Sunyaragi, yang menunjuk angka tahun 1704. Dari sinilah Anwar Falah menyimpulkan pembangunan Sunyaragi dilakukan bertahap, mulai awal abad ke-18 sampai pertengahan abad ke-18.

Menurut sumber dari Keraton Kasepuhan, bangunan Sunyaragi paling akhir digunakan oleh Sultan Sepuh Safiudin (1776-1784) sebagai tempat persembunyian untuk menyusun kekuatan melawan kolonial Belanda. Sultan Safiudin tewas dalam sebuah serangan yang dilakukan Belanda, dan bangunan Sunyaragi sempat rusak saat Kasepuhan dipegang Pangeran Adiwijaya pada tahun 1852.

Sunyaragi praktis masih utuh, sampai sekarang. Namun, peninggalan sejarah yang kini dijadikan obyek wisata di Cirebon ini sayangnya tak dirawat. Alang-alang tumbuh meninggi memenuhi jalan-jalan di seputar obyek wisata ini. Taman Sari Sunyaragi meskipun lebih besar dari Taman Sari Keraton Yogyakarta, tetapi sulit untuk renovasi total karena sebagian besar sudah menjadi permukiman penduduk. Sunyaragi masih utuh, masih layak dikembangkan seperti Candi Borobudur dan lingkungan sekitarnya, misalnya. Aset ini sayang jika disia-siakan. (Th Pudjo Widijanto)

Kompas/thomas pudjo widiyanto
MEGA MENDUNG - Pintu gerbang masuk dari sisi selatan bangunan Sunyaragi di samping dilengkapi pintu kayu, di atas pintu itu terdapat relung-relung yang membentuk relief megamendung, sebuah budaya khas Cina yang kini menjadi identitas karya relief atau batik Cirebon.

Kompas/thomas pudjo widiyanto
PUNCAK - Salah satu bangunan kompleks kuno Sunyaragi yang memiliki puncak bangunan joglo limasan, khas bangunan Jawa.

Kompas/thomas pudjo widiyanto
PERTITAAN - Bangunan Sunyaragi dilengkapi bangunan pertirtaan (kolam) yang juga terbuat dari terakota.

Kompas/thomas pudjo widiyanto
BENTAR - Pintu gerbang masuk ke bangunan Sunyaragi adalah bangunan berbentuk bentar terbuat dari terakota yang berciri khas Hindu.
http://www2.kompas.com