Senin, 29 September 2008

Asal Nama Cirebon

Cirebon terdiri dari dua suku kata Ci dan Rebon. Kata yang berasal dari bahasa Sunda. Kata "Cai" (air) dan Rebon (Udang). Konon dulu Cirebon dikenal sebagai penghasil petis dan terasi dan dikenal hingga ke pedalaman Jawa barat, sehingga orang-orang Sunda mengenal nya dengan Cai-rebon. Alternatif lain berasal dari kata "Caruban" yang berati campuran, karena Cirebon sendiri terdiri dari berbagai macam suku dari Jawa, Melayu, Sunda, Cina dan Arab. Sebutan Cirebon menjadi terkenal dengan Cirbon, Crebon, Cerbon. Terutama orang-orang lokal disana menyebutnya demikian.

Cirebon didirikan pada hari Kamis 8 April 1445M atau bertepatan dengan tanggal 1 sura 1367 di daerah yang sekarang dengan sebutan Lemahwungkuk oleh Mbah Kuwu Cirebon atau Pangeran Walangsungsang atau bergelar Pangeran Cakrabuana. Pada tahun tersebut penghuni di Cirebon terdiri dari 346 orang.

Dibangun nya Kraton Pakungwati (yang sekarang di kenal dengan Kraton Kasepuhan) pada tahun 1451 saka (Tunggal Tata Gunaning Wong) atau tahun 1529Masehi.
stihinggil Kasepuhan di bangun tahun 1347 saka (Banteng Tinata Bata Kuta)atau 1425 Masehi

Masjid AGung sang Ciptarasa dibangung 1498M dengan arsitek Raden sepet dari Majapahit.

Kraton kanoman di bangun tahun 1510 saka atau 1588Masehi.

Tidak ada komentar: