Senin, 29 September 2008

CIREBON?

www.cirebonkotaku.blogspot.com
Menurut Sulendraningrat yang mendasarkan pada naskah Babad Tanah Sunda dan Atja pada naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, Cirebon pada awalnya adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa, yang lama-kelamaan berkembang menjadi sebuah desa yang ramai dan diberi nama Caruban (Bahasa Sunda: campuran), karena di sana bercampur para pendatang dari berbagai macam suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, dan mata pencaharian yang berbeda-beda untuk bertempat tinggal atau berdagang.

Mengingat pada awalnya sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah sebagai nelayan, maka berkembanglah pekerjaan menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai serta pembuatan terasi, petis, dan garam. Dari istilah air bekas pembuatan terasi (belendrang) dari udang rebon inilah berkembanglah sebutan cai-rebon (Bahasa Sunda: air rebon) yang kemudian menjadi Cirebon.

Dengan dukungan pelabuhan yang ramai dan sumber daya alam dari pedalaman, Cirebon kemudian menjadi sebuah kota besar dan menjadi salah satu pelabuhan penting di pesisir utara Jawa baik dalam kegiatan pelayaran dan perdagangan di kepulauan Nusantara maupun dengan bagian dunia lainnya. Selain itu, Cirebon tumbuh menjadi cikal bakal pusat penyebaran agama Islam di Jawa Barat.


I. MASA PEMERINTAHAN CIREBON


A. MASA KESULTANAN CIREBON (PAKUNGWATI)


Kesultanan Cirebon adalah sebuah kesultanan Islam ternama di Jawa Barat pada abad ke-15 dan 16 Masehi, dan merupakan pangkalan penting dalam jalur perdagangan dan pelayaran antar pulau. Lokasinya di pantai utara pulau Jawa yang merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, membuatnya menjadi pelabuhan dan "jembatan" antara kebudayaan Jawa dan Sunda sehingga tercipta suatu kebudayaan yang khas, yaitu kebudayaan Cirebon yang tidak didominasi kebudayaan Jawa maupun kebudayaan Sunda.

Adalah seorang saudagar kaya di pelabuhan Muarajati-Cirebon, bernama Ki Gedeng Tapa (atau juga dikenal dengan nama Ki Gedeng Jumajan Jati). Ia mulai membuka hutan ilalang dan membangun sebuah gubug dan sebuah tajug (Jalagrahan) pada tanggal 1 Syura 1358 (tahun Jawa) bertepatan dengan tahun 1445 Masehi. Sejak saat itu, mulailah para pendatang mulai menetap dan membentuk masyarakat baru di desa Caruban.

Kuwu atau kepala desa Caruban yang pertama yang diangkat oleh masyarakat baru itu adalah Ki Gedeng Alang-alang. Sebagai Pangraksabumi atau wakilnya, diangkatlah Raden Walangsungsang, yaitu putra Prabu Siliwangi dan Nyi Mas Subanglarang atau Subangkranjang, yang tak lain adalah puteri dari Ki Gedeng Tapa. Setelah Ki Gedeng Alang-alang wafat, Walangsungsang yang juga bergelar Ki Cakrabumi diangkat menjadi penggantinya sebagai kuwu yang kedua, dengan gelar Pangeran Cakrabuana.


1. Pangeran Cakrabuana ( .... - 1479)

Ketika kakeknya Ki Gedeng Tapa yang penguasa pesisir utara Jawa meninggal, Walangsungsang tidak meneruskan kedudukan kakeknya, melainkan lalu mendirikan istana Pakungwati dan membentuk pemerintahan di Cirebon. Dengan demikian, yang dianggap sebagai pendiri pertama Kesultanan Cirebon adalah Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana. Pangeran Cakrabuana, yang usai menunaikan ibadah haji kemudian disebut Haji Abdullah Iman, tampil sebagai "raja" Cirebon pertama yang memerintah dari keraton Pakungwati dan aktif menyebarkan agama Islam kepada penduduk Cirebon.


2. Sunan Gunung Jati (1479 - 1568)

Pada tahun 1479 M, kedudukannya kemudian digantikan putra adiknya, Nyai Rarasantang dari hasil perkawinannya dengan Syarif Abdullah dari Mesir, yakni Syarif Hidayatullah (1448-1568) yang setelah wafat dikenal dengan sebutan Sunan Gunung Jati dengan gelar Tumenggung Syarif Hidayatullah bin Maulana Sultan Muhammad Syarif Abdullah dan bergelar *** sebagai Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Jati Purba Panetep Panatagama Awlya Allah Kutubid Jaman Khalifatur Rasulullah.

Pertumbuhan dan perkembangan yang pesat pada Kesultanan Cirebon dimulailah oleh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati kemudian diyakini sebagai pendiri dinasti raja-raja Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Banten serta penyebar agama Islam di Jawa Barat seperti Majalengka, Kuningan, Kawali (Galuh), Sunda Kelapa, dan Banten. Setelah Sunan Gunung Jati wafat, terjadilah kekosongan jabatan pimpinan tertinggi kerajaan Islam Cirebon. Pada mulanya calon kuat pengganti Sunan Gunung Jati ialah Pangeran Dipati Carbon, Putra Pangeran Pasarean, cucu Sunan Gunung Jati. Namun, Pangeran Dipati Carbon meninggal lebih dahulu pada tahun 1565.


3. Fatahillah (1568 - 1570)

Kekosongan pemegang kekuasaan itu kemudian diisi dengan mengukuhkan pejabat keraton yang selama Sunan Gunung Jati melaksanakan tugas dakwah, pemerintahan dijabat oleh Fatahillah atau Fadillah Khan. Fatahillah kemudian naik takhta, dan memerintah Cirebon secara resmi menjadi raja sejak tahun 1568. Fatahillah menduduki takhta kerajaan Cirebon hanya berlangsung dua tahun karena ia meninggal dunia pada tahun 1570, dua tahun setelah Sunan Gunung Jati wafat dan dimakamkan berdampingan dengan makam Sunan Gunung Jati di Gedung Jinem Astana Gunung Sembung.


4. Panembahan Ratu I (1570 - 1649)

Sepeninggal Fatahillah, oleh karena tidak ada calon lain yang layak menjadi raja, takhta kerajaan jatuh kepada cucu Sunan Gunung Jati yaitu Pangeran Emas putra tertua Pangeran Dipati Carbon atau cicit Sunan Gunung Jati. Pangeran Emas kemudian bergelar Panembahan Ratu I dan memerintah Cirebon selama kurang lebih 79 tahun.


5. Panembahan Ratu II (1649 - 1677)

Setelah Panembahan Ratu I meninggal dunia pada tahun 1649, pemerintahan Kesultanan Cirebon dilanjutkan oleh cucunya yang bernama Pangeran Rasmi atau Pangeran Karim, karena ayah Pangeran Rasmi yaitu Pangeran Seda ing Gayam atau Panembahan Adiningkusumah meninggal lebih dahulu. Pangeran Rasmi kemudian menggunakan nama gelar ayahnya almarhum yakni Panembahan Adiningkusuma yang kemudian dikenal *** dengan sebutan Panembahan Girilaya atau Panembahan Ratu II.

Panembahan Girilaya pada masa pemerintahannya terjepit di antara dua kekuatan kekuasaan, yaitu Kesultanan Banten dan Kesultanan Mataram. Banten merasa curiga sebab Cirebon dianggap lebih mendekat ke Mataram (Amangkurat I adalah mertua Panembahan Girilaya). Mataram dilain pihak merasa curiga bahwa Cirebon tidak sungguh-sungguh mendekatkan diri, karena Panembahan Girilaya dan Sultan Ageng Tirtayasa dari Banten adalah sama-sama keturunan Pajajaran. Kondisi ini memuncak dengan meninggalnya Panembahan Girilaya di Kartasura dan ditahannya Pangeran Martawijaya dan Pangeran Kartawijaya di Mataram.


B. TERPECAHNYA KESULTANAN CIREBON

Dengan kematian Panembahan Girilaya, maka terjadi kekosongan penguasa. Sultan Ageng Tirtayasa segera menobatkan Pangeran Wangsakerta sebagai pengganti Panembahan Girilaya, atas tanggung jawab pihak Banten. Sultan Ageng Tirtayasa kemudian mengirimkan pasukan dan kapal perang untuk membantu Trunojoyo, yang saat itu sedang memerangi Amangkurat I dari Mataram. Dengan bantuan Trunojoyo, maka kedua putra Panembahan Girilaya yang ditahan akhirnya dapat dibebaskan dan dibawa kembali ke Cirebon untuk kemudian juga dinobatkan sebagai penguasa Kesultanan Cirebon.


1. Perpecahan I (1677)

Pembagian pertama terhadap Kesultanan Cirebon, dengan demikian terjadi pada masa penobatan tiga orang putra Panembahan Girilaya, yaitu Sultan Sepuh, Sultan Anom, dan Panembahan Cirebon pada tahun 1677. Ini merupakan babak baru bagi keraton Cirebon, dimana kesultanan terpecah menjadi tiga dan masing-masing berkuasa dan menurunkan para sultan berikutnya. Dengan demikian, para penguasa Kesultanan Cirebon berikutnya adalah:
Sultan Keraton Kasepuhan, Pangeran Martawijaya, dengan gelar Sultan Sepuh Abil Makarimi Muhammad Samsudin (1677 - 1703).
Sultan Kanoman, Pangeran Kartawijaya, dengan gelar Sultan Anom Abil Makarimi Muhammad Badrudin (1677 - 1723). Pangeran Wangsakerta, sebagai Panembahan Cirebon dengan gelar Pangeran Abdul Kamil Muhammad Nasarudin atau Panembahan Tohpati (1677 - 1713).

Perubahan gelar dari Panembahan menjadi Sultan bagi dua putra tertua Pangeran Girilaya ini dilakukan oleh Sultan Ageng Tirtayasa, karena keduanya dilantik menjadi Sultan Cirebon di ibukota Banten. Sebagai sultan, mereka mempunyai wilayah kekuasaan penuh, rakyat, dan keraton masing-masing. Pangeran Wangsakerta tidak diangkat menjadi sultan melainkan hanya Panembahan. Ia tidak memiliki wilayah kekuasaan atau keraton sendiri, akan tetapi berdiri sebagai kaprabonan (paguron), yaitu tempat belajar para intelektual keraton. Dalam tradisi kesultanan di Cirebon, suksesi kekuasaan sejak tahun 1677 berlangsung sesuai dengan tradisi keraton, di mana seorang sultan akan menurunkan takhtanya kepada anak laki-laki tertua dari permaisurinya. Jika tidak ada, akan dicari cucu atau cicitnya. Jika terpaksa, maka orang lain yang dapat memangku jabatan itu sebagai pejabat sementara.


2. Perpecahan II (1807)

Suksesi para sultan selanjutnya pada umumnya berjalan lancar, sampai pada masa pemerintahan Sultan Anom IV (1798 - 1803), dimana terjadi perpecahan karena salah seorang putranya, yaitu Pangeran Raja Kanoman, ingin memisahkan diri membangun kesultanan sendiri dengan nama Kesultanan Kacirebonan.

Kehendak Pangeran Raja Kanoman didukung oleh pemerintah Kolonial Belanda dengan keluarnya besluit (Bahasa Belanda: surat keputusan) Gubernur Jenderal Belanda yang mengangkat Pangeran Raja Kanoman menjadi Sultan Carbon Kacirebonan tahun 1807 dengan pembatasan bahwa putra dan para penggantinya tidak berhak atas gelar sultan, cukup dengan gelar pangeran. Sejak itu di Kesultanan Cirebon bertambah satu penguasa lagi, yaitu Kesultanan Kacirebonan, pecahan dari Kesultanan Kanoman. Sementara tahta Sultan Kanoman V jatuh pada putra Sultan Anom IV yang lain bernama Sultan Anom Abusoleh Imamuddin (1803 - 1811).


C. MASA KOLONIAL DAN KEMERDEKAAN


1. Periode 1910 - 1937

Sesudah kejadian tersebut, pemerintah Kolonial Belanda pun semakin dalam ikut campur dalam mengatur Cirebon, sehingga semakin surutlah peranan dari keraton-keraton Kesultanan Cirebon di wilayah-wilayah kekuasaannya. Puncaknya terjadi pada tahun-tahun 1906 dan 1926, dimana kekuasaan pemerintahan Kesultanan Cirebon secara resmi dihapuskan dengan disahkannya Gemeente Cheirebon (Kota Cirebon), yang mencakup luas 1.100 Hektar, dengan penduduk sekitar 20.000 jiwa (Stlb. 1906 No. 122 dan Stlb. 1926 No. 370). Tahun 1942, Kota Cirebon kembali diperluas menjadi 2.450 hektar.

Pada masa kemerdekaan, wilayah Kesultanan Cirebon menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara umum, wilayah Kesultanan Cirebon tercakup dalam Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, yang secara administratif masing-masing dipimpin oleh pejabat pemerintah Indonesia yaitu walikota dan bupati. Pada periode ini Kota Cirebon disahkan menjadi Gemeente Cheirebon dengan luas 1.100 Hektar dan berpenduduk 20.000 jiwa (Stlb. 1906 No. 122 dan Stlb. 1926 No. 370).


2. Periode 1937 - 1967

Tahun 1942 Kota Cirebon diperluas menjadi 2.450 hektar dan tahun 1957 status pemerintahannya menjadi Kota Praja dengan luas 3.300 hektar, setelah ditetapkan menjadi Kotamadya tahun 1965 luas wilayahnya menjadi 3.600 hektar.


3. Periode 1967

Sekarang Wilayah Kota Cirebon sampai saat ini terbagi dalam 5 kecamatan dan 22 kelurahan.


D. PERKEMBANGAN TERAKHIR


Setelah masa kemerdekaan Indonesia, Kesultanan Cirebon tidak lagi merupakan pusat dari pemerintahan dan pengembangan agama Islam. Meskipun demikian keraton-keraton yang ada tetap menjalankan perannya sebagai pusat kebudayaan masyarakat khususnya di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Kesultanan Cirebon turut serta dalam berbagai upacara dan perayaan adat masyarakat dan telah beberapa kali ambil bagian dalam Festival Keraton Nusantara (FKN).

Umumnya, Keraton Kasepuhan sebagai istana Sultan Sepuh dianggap yang paling penting karena merupakan keraton tertua yang berdiri tahun 1529, sedangkan Keraton Kanoman sebagai istana Sultan Anom berdiri tahun 1622, dan yang terkemudian adalah Keraton Kacirebonan dan Keraton Kaprabonan.

Pada awal bulan Maret 2003, telah terjadi konflik internal di keraton Kanoman, antara Pangeran Raja Muhammad Emirudin dan Pangeran Elang Muhammad Saladin, untuk pengangkatan tahta Sultan Kanoman XII. Pelantikan kedua sultan ini diperkirakan menimbulkan perpecahan di kalangan kerabat keraton tersebut.


II. STRUKTUR KOTA CIREBON


A. KERATON KASEPUHAN


Sudah menjadi kebiasaan tidak tertulis pada masa itu bahwa bila seorang raja mangkat, penggantinya tidak mengusir para tetuanya, mereka memillih mendirikan bangunan baru. Tradisi ini berlangsung sejak Mataram Kuno sampai Mataram Islam. Karena perpindahan ini tidak terlalu jauh, banyak bangunan lama yang masih dipertahankan dalam tatanan baru. Menggantikan buyutnya -Sunan Gunung Jati pada tahun 1570, Panembahan Ratu I naik tahta dan mendirikan keraton Kasepuhan.

Jika kita lihat denah kompleks keraton Kasepuhan, terlihat bahwa lingkungan keraton ini membujur ke arah Utara-Selatan. Pada bagian paling depan berdiri Sitihinggil, bangunan ini adalah bagian dari Dalem lama yang tetap dipertahankan eksistensi dan fungsinya, namun demikian bangunan ini mengalami perubahan di sana-sini, pagar dan Paduraksa misalnya yang berasal dari abad ke- 19. Setelah pelataran Kemandungan adalah Langgar Agung dan Dalem Agung Pangkungwati, keduanya menempati sisi kiri dan kanan poros Keraton, Langgar Agung merupakan sarana peribadatan bagi penghuni keraton. Untuk menuju bagian dalam kita melewati gapura lonceng, dinamai demikian karena tadinya terdapat lonceng. Setelah melewati gerbang lonceng kita sampai di Bunderan Dewandaru dengan sepasang arca singa. Bagian belakang ditempati Jinem Pangrawit dengan lengkungannya yang sangat Eropa, ada dugaan bahwa Jinem ini merupakan salah satu bagian dari keraton yang paling tua. Selanjutnya sampai di bangsal Pringgodani yang umurnya relatif lebih muda. Kemudian bangsal Prabayaksa dan berakhir di Bangsal Agung, bangunan ini berfungsi sebagai tempat duduk Sultan, tempat ini merupakan bagian tertua juga dari kompleks Keraton, namun penampilannya tidak menunjang ketuaannya. Di sisi Barat terdapat Bangsal Kaputren dan di bagian Timur terdapat Dalem Arum, sebagai kediaman Sultan.

Kota Cirebon memiliki bangunan spesifik dan tidak terdapat di tempat lain, khususnya bangunan-bangunan dari masa awal Kerajaan Islam di Jawa Barat. Bangunan-bangunan yang lahir dan tumbuh akibat kedatangan Islam adalah masjid dan keraton. Masjid merupakan tipologi yang baru, bentuknya mengadaptasi yang sudah ada, fungsinya benar-benar baru, sedangkan keraton baik bentuk maupun fungsinya meneruskan tradisi. Perkembangannya diberi arah oleh pengaruh Islam, tetapi pada akhirnya keraton menjadi lebih dominan bahkan masjid Agung/ Masjid Negara terserap ke dalam keraton.


B. KAWASAN PELABUHAN-PELABUHAN NIAGA


Sebelah Utara dari kawasan keraton-keraton adalah kawasan pelabuhan dan niaga, terdapat bangunan dengan "menara syahbandar" dan gudang-gudang dari awal abad ke-20. Tidak jauh di luar kompleks pelabuhan, terdapat bangunan-bangunan modern abad ke- 20, antara lain Bank Indonesia karya Cuypers & Hulswit (1921), gedung British American Tobacco (BAT) karya Fermont & Cuypers, dan gedung-gedung sezaman lainnya. Di kawasan ini juga berdiri pemukiman. Di kota ini terdapat sebuah kelenteng tua dan sebuah kelenteng yang lebih baru yaitu Tiao Kak Sie atau kuil Dewi Welas Asih.


C. KAWASAN KARESIDENAN BALAI KOTA


Sedikit jauh ke Utara adalah kawasan kota baru yang mulai berkembang pada awal abad ke-20, terdapat rumah karesidenan, stasiun kereta, dan balai kota. Dari hampir semua stasiun kereta di Indonesia, stasiun kereta inilah yang memiliki arsitektur bermutu, bangunan-bangunan transportasi -termasuk bandar udara- pada pasca kemerdekaan sangat sedikit yang dirancang dengan serius. Balai Kota (stadhuis) adalah karya J.J. Jiskoot -Kepala Dinas PU Cirebon pada tahun 1927, bergaya "Art Deco" dengan delapan ekor udang yang merayap di kedua "menara" -nya. Rumah-rumah dengan jendela kaca patri berderet dengan bangunan-bangunan ini.


D. TRUSMI


Ke arah Barat akan menemukan Trusmi, perjalanan ke Trusmi melewati menara air, sebuah landmark tinggi yang "berdiri" menyaksikan kota Cirebon. Pada bagian paling Utara terdapat Astana Gunung Jati dan makam-makam kuno.


E. JALAN RAYA


Pada periode 1270 - 1910 setelah penjajah Belanda masuk, dibangun Jaringan transportasi darat berupa jalan raya dan kereta api yang mempengaruhi perkembangan industri dan perdagangan

F. LUAS WILAYAH


Tahun 1942 Kota Cirebon diperluas menjadi 2.450 hektar dan tahun 1957 menjadi 3.300 hektar, tahun 1965 luas wilayahnya menjadi 3.600 hektar (Periode 1937 - 1967), sekarang Wilayah Kota Cirebon sampai saat ini seluas 3.735,82 hektar (Periode 1967).
http://d-eyeview.com

Tidak ada komentar: